Wednesday, October 1, 2014

Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Stradlle ( Guling Perut )

Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Stradlle ( Guling Perut ) ~ Lompat tinggi merupakan bagian dari olahrag atletik, saya rasa anda sudah pernah melakukan lompat tinggi gaya straddle atau guling perut ini, materi ini biasanya di sampaikan atau dijarkan pada tingkat SMP maupun SMA bahkan SD pun sudah pernah diajarkan walau hanya sebatas konsep gerak dasarnya.

Pada Kesempatan kali ini Volimaniak akan berbagi kepada anda semuanya mengenai bagaimana cara melakukan proses pembelajaran teknik dasar lompat tinggi gaya guling perut ini, adapun untuk lebih jelasanya dalam tahap pembelajaran anda bisa menerapkan beberapa metode atau latihan yang akan volimaniak bahas, tetapi tidak menutup kemungkinan anda juga bisa memodifikasinya sesuai dengan kondisi sekolahan yang ada. ok tidak usah lama-lama. berikut beberapa tahap Pembelajaran gerak dasar gerak melangkah, menolak dan mendarat (awalan, menolak dan mendarat serta sikap badan di udara), sebagai berikut:

1. Pembelajaran gerak dasar gerak melangkah, menolak dan mendarat (awalan, menolak dan mendarat serta sikap badan di udara), sebagai berikut:


http://volimaniak.blogspot.com/
  1. Peserta didik membentuk barisan berbanjar.
  2. Berdiri tegak menghadap bangku senam.
  3. Melompati bangku senam menggunakan tumpuan tangan, lalu mendarat.
  4. Lakukan secara bergantian. e. Lakukan berulang-ulang.
  5. Lakukan keterampilan gerak untuk menemukan jawaban pertanyaan.
  6. Selama melakukan latihan kembangkan nilai-nilai kerjasama dan disiplin.
  7. Setelah peserta didik merasakan kemajuan keterampilan, minta mereka untuk menerapkan keterampilan tesebut dalam bentuk latihan secara beregu.
2. Pembelajaran gerak awalan, tolakan melalui atas boks/tali yang dipasang melintang, lalu mendarat
  1. Peserta didik membentuk barisan berbanjar. 
    http://volimaniak.blogspot.com/
  2. Berdiri tegak menghadap bangku senam.
  3. Dengan tumpuan satu atau dua kaki melompati boks/tali dan mendarat dengan dua kaki.
  4. Lakukan secara bergantian.
  5. Lakukan berulang-ulang.
3. Pembelajaran gerak awalan, tolakan dan ayunan kaki belakang ke arah sasaran benda yang tergantung di atas, lalu mendarat 


http://volimaniak.blogspot.com/
  1. Peserta didik membentuk barisan berbanjar. 
  2. Berdiri tegak menghadap benda yang di gantung. 
  3. Tolakan dan ayunkan kaki ke arah sasaran benda yang bergantung, lalu mendarat 
  4. Lakukan secara bergantian. 
  5. Lakukan berulang-ulang 
4. Pembelajaran gerak awalan, posisi badan di udara dan mendarat, yang diawali dengan tangan bertumpu pada boks senam
  1. Peserta didik membentuk barisan berbanjar. 
  2. Berdiri tegak menghadap bangku senam.
  3. Posisi badan menghadap arah tolakan.
  4. Tolakan kaki dan kedua tangan bertumpu diatas boks, lalu mendarat dengan menggunakan sisi badan.
  5. Lakukan secara bergantian. 
  6. Lakukan berulang-ulang.
    http://volimaniak.blogspot.com/
5. Pembelajaran gerak awalan, menolak, posisi badan di atas mistar dan mendarat
Cara melakukan:
http://volimaniak.blogspot.com/

  1. Menggunakan mistar yang dipasang rendah.
  2. Mistar yang digunakan dipasang miring.
  3. Menggunakan mistar yang dipasang rendah kemudian ketinggian mistar dinaikkan sedikit demi sedikit.

6. Pembelajaran rangkaian gerak awalan, menolak, posisi badan diatas mistar dan mendarat
  1. Beberapa tujuan dari kegiatan ini, di antaranya:
  2. Untuk menerapkan teknik-gerak dasar yang telah dipelajari.
  3. Agar peserta didik dapat mengukur kemampuannya, baik secara teknik tingginya hasil lompatan.
  4. Untuk menumbuhkan kerja sama yang baik di antara peserta didik.
7. Model lomba lompat tinggi gaya straddle jumlah regu 4-6 orang, dengan ketentuan sebagai berikut
http://volimaniak.blogspot.com/

  1. Peserta didik membentuk barisan berbanjar
  2. Berdiri tegak menghadap sirkuit pembelajaran
  3. Lakukan mengelilingi lapangan dengan gerakan melompat pada setiap rintangan
  4. Peserta harus mampu melompati 4 mistar lompat yang dipasang rendah, sedang, tinggi, paling tinggi.
  5. Penentuan kemenangan.
  • Bila peserta dapat melakukan lompatan mistar I, skor 1 (satu), mistar II, skor 2 (dua), mistar III, skor 3 (tiga), dan mistar IV, skor 4 (empat).
  • Kemenangan regu ditentukan dengan jumlah skor yang diperoleh setiap anggota regu
  • Lakukan dengan tetap mentaati aturan main yang telah ditetapkan
sementara cukup sekian dulu ya, untuk postingan volimaniak pada kesempatan kali ini tentang bagaimana melatih atau menerapkan variasi pembelajaran dalam upaya penguasaan teknik dasar lompat jauh gaya stradlle ini dengan benar. semoga bermanfaat.terimakasih 

No comments:

Post a Comment